Dengar lagu-lagu gratis lewat Internet. Mengurangi pembelian CD.


Setelah kita selalu membeli kaset, lalu merubah seluruh koleksi musik menjadi CD, dan akhirnya dirubah lagi menjadi MP3 di komputer, semua seperti tidak akan habis. Mp3 pun kalau ada standard yang lebih baik lagi harus kita rubah lagi. MP3 pun tidak selalu gratis dan harus didownload dahulu. Secara lingkungan, saya pernah menulis mengenai “Daripada Beli CD, Download Saja Melalui Internet, Asalkan Sah.” untuk mendownload lagu karena secara lingkungan akan lebih baik oleh karena jalur rantai distribusi dan produksi dari CD itu sendiri. Memang untuk semua aktivitas ini memerlukan bandwidth internet yang cukup besar, tetapi dengan pertumbuhan bandwidth internet yang semakin cepat, maka semakin banyak juga yang dapat menggunakan alternatif lagu melalui internet ini.

Alternatif lain adalah mendengarkan radio secara online. Sekarang sudah ada banyak radio Indonesia pun memiliki alternatif radio online. Daftar radio Indonesia yang online bisa dilihat disini. Radio online bisa didengarkan melalui Winamp, i-tunes, Windows Media Player, ataupun lainnya. Dengan radio online ini pun komunitas Indonesia yang ada di luar negeri dapat terus mendengarkan berita maupun lagu dari Indonesia.

Tetapi kadang kita juga mau memilih sendiri lagu yang mau didengarkan dimana kalau kita mendengarkan radio, kecuali kita request, bisa mendengarkan lagu pilihan kita. Oleh karena itu ada juga cara baru memilih dan mendengarkan lagu melalui internet. Kalau dengan You Tube kita bisa melihat video gratis lewat internet, maka dengan Songza dan Songerize kita bisa mencari lagu yang kita inginkan dan langsung memutarnya melalui internet. Songerize saya rasa lebih lengkap karena coba-coba cari lagu Indonesia, walaupun tidak semua ada, masih bisa tercari. Cara penggunaan pun mudah sekali karena tidak memerlukan software tambahan, seperti juga You Tube.

Mudah-mudahan info ini bisa berguna.

credit to http://akuinginhijau.org

0 komentar:



Posting Komentar